UJIAN KOMPREHENSIF PROGRAM MAGISTER STKIP SILIWANGI BANDUNG

Sabtu, 9 Mei 2015

Pada hari Sabtu, 28 Maret 2015 dilaksanakan Ujian Komprehensif Program Magister Pendidikan Luar Sekolah dan Program Magister Pendidikan Matematika. Ujian ini merupakan prasyarat bagi Mahasiswa Program Magister untuk dapat mengikuti Ujian Sidang Tesis. Selain itu, ujian komprehensif dilaksanakan sebagai salah satu cara dalam mengukur ketercapaian kompetensi pembelajaran yang dilaksanakan pada Program Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga, hanya mahasiswa yang telah lulus Ujian Komprehensif saja yang dapat mengikuti Ujian Sidang Tesis, untuk mendapatkan gelar Magister Pendidikan.

Ujian ini diikuti oleh hampir 240 orang mahasiswa program Magister STKIP Siliwangi Bandung dan dilaksanakan di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP SIliwangi Bandung. Proses ujian berlangsung selama 270 menit atau setara dengan empat setengah jam yang dimulai pada pukul 08.00-12.30. Ujian diawasi langsung oleh Panitia yang telah ditentukan oleh STKIP Siliwangi Bandung. Adapun hasil ujian tersebut akan diperiksa oleh Tim Penilai yang terdiri dari Guru Besar dan Dosen Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung.

Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Bapak Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif yang dilaksanakan, merupakan salah satu upaya untuk mencapai kualitas lulusan program pascasarjana yang terbaik. Dimana dalam ujian komprehensif, bukan saja menguji kemampuan kognitif semata, namun menguji kemampuan logika mahasiswa dalam memahami struktur keilmuan yang telah diikutinya. Hal ini diharapkan menjadi salah satu cara dalam mengukur kualitas calon lulusan program pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung, agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan motto STKIP Siliwangi Bandung, yakni Innovative Campus, Berkualitas Biaya Pas.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah, Prof. Dr. H. Enceng Mulyana, M.Pd. dan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Prof. Dr. Hj. Utari Sumarmo berharap bahwa proses yang dijalani mahasiswa program pascasarjana ini menjadi salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengukur kemampuannya selama mengikuti proses perkuliahan di STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga mampu untuk memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang diperolehnya untuk kemajuan masyarakat.